Membuat Jus yang enak dan menyehatkan

Menyiapkan sendiri jus buah dan jus sayuran pada dasarnya tidak sulit. Namun membuat jus buah dan jus sayuran yang enak, butuh pengetahuan dan keterampilan. Terutama jus sayuran, mungkin ada yang rasanya lajaibf, sehingga kita tidak tega meminumnya. Kalau terjadi begini, haruskah jus dibubuhi sirup atau gula pasir?
Saran saya, hindari menambahkan sirup, gula pasir, atau susu kental manis ke dalam jus buah maupun jus sayuran untukterapi. Tambahan sirup, gula pasir, atau susu kental manis hanya akan mengurangi efek terapeutik (pengobatan) dari jus sehat Anda. Dalam pen-cernaan kita, gula pasir akan imembu-sukkanTzat-zatgizi bermanaat, sehingga zat gizi tersebut tidak bisa dimanfaatkan tubuh kita secara optimal. Selain itu, kandungan gula pasir dalam jus yang kaya vitamin C justru akan menyisihkan peranan vitamin C sebagai pengendali sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat rasa jus sehat lebih menggugah selera, terutama jus sayuran, ada cukup banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai pemantap cita rasa. Info selengkapnya silakan lanjutkan membaca, agar Anda memperoleh pengetahuan cara membuat jus yang sehat sekaligus enak. Peralatan dasar yang sebaiknya ada dalam pembuatan jus adalah talenan, pisau dapur, pengupas khusus (peeler), dan pemerah jeruk, serta juice extractor dan blender.

Talenan bisa dari bahan kayu maupun plastik. Kalau menggunakan talenan kayu, pilihyang mulus, agar lebih mudah dibersihkan setelah digunakan. Sebaiknya gunakan pisau antikarat(sto/n/ess), untuk menghambat proses pencokelatan dan kerusakan gizi buah atau sayuran (oksidasi).
Pee/erdiperlukan untuk mengupas wortel, misalnya, kecuali jika kita bisa mendapatkan produkorganik. Buah dan sayuran organik tidak perlu dikupas, bisa langsung diproses dalam juice extractor atau blender. Pemerah jeruk ada yang manual, ada pula pemerah listrik yang berputar secara otomatis bila potongan jeruk kita tekankan di mulut pemerah.
juice extractor adalah alat peng-ekstrak buah dan sayuran yang dapat memisahkan sari buah atau sari sayuran dari ampasnya. Hasilnya berupa jus murni tanpa serat. (Jus yang dibuat menggunakan juice extractor ini sebenarnya mengandung serat juga, tapi berupa serat larut, yakni pektin, yang tidak teramati mata dan tidak terasa di mulut kita.) Ke-mampuan memerah dari alat ini bergantung pada kecanggihannya./u/ce extractor berkekuatan tinggi bisa meng-hasilkan jus lebih banyak dibanding juice extractorbiasa. Bahkan, kini tersedia extractor canggih yang sangat sedikit menghasilkan ampas dan ampasnya pun diperah sampai benar-benar kering.
Fungsi blender adalah menghancurkan bahan dengan kekuatan tinggi Hasilnya berupa jus dengan serat. Kecuaii buah dan sayuran berkadar air tinggi, seperti melon, semangka, mentimun, buah dan sayuran lain memerlukan tambahan cairan ketika diblender. Cairan bisa berupa air masak, jus jeruk hasil perasan jeruk menggunakan alat pemerah, mau¬pun jus buah atau jus sayuran yang di-peroleh dari pemrosesan buah dan sayuran menggunakan juice extractor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: