EROPA SERUKAN SISTEM ISLAM HADAPI KRISIS KEUANGAN

Sebuah majalah ekonomi terbesar di Eropa mengajak negara-negara sekuler (negara yang memisahkan antara agama dari kehidupan) untuk menerapkan sistem Islam dalam bidang ekonomi sebagai solusi manjur dalam menepis dampak dari sistem kapitalis pasar dan bisnis yang tidak riil.

Dengan berani dan tegas, Rolan Laskin, pemimpin majalah ‘Jurnal finansial’ itu dalam pembukaanya di edisi minggu tersebut mengungkapkan mendesaknya penerapan konsep islam di bidang ekonomi dan keuangan, untuk menyudahi krisis yang menghantui dunia karena karena permainan spekulasi yang tidak riil dan tidak dibenarkan.

Laskin memaparkan dalam tulisannya, “Kehancuran yang digali oleh sistem kapitalis, dan mendesaknya pembahasan terhadap alternatif pengganti untuk menyelamatkan krisis. Dengan lugas ia menawarkan runtutan dan tahapan penerapan sistem islam, meskipun langkah ini tidak sesuai dengan tradisi dan keyakinan agam di Eropa.”

Semenjak beberapa tahun sebelumnya para pemikir dan pelaku ekonomi di Barat sudah memberi warning akan bahayanya sistem Kapitalis Liberal yang bertumpu pada spekulasi dan bukan bisnis riil. Mereka sudah menyerukan adanya kajian dan pembahasan solusi pengganti dari sistem itu dan ternyata solusi ada pada islam!

Pertanyaannya, Bagaimana para penulis dan pemerhati di Eropa menilai secara obyektif dalam rangka beralih ke hukum-hukum islam dalam bidang ekonomi? Dan apakah ini merupakan keseriusan cara pandang ekonomi Eropa dalam menangani krisis selama ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: