KPK Resmi Minta Polri Tidak Tarik Penyidik

Empat penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berasal dari kepolisian akan ditarik. KPK pun melayangkan surat ke Mabes Polri, hari ini (12/5). “KPK mengusulkan agar empat penyidik tetap bertugas di KPK. Karena masa tugas mereka belum selesai di KPK,” kata Wakil Ketua bidang Pencegahan KPK M Jasin dalam pesan singkat, Rabu (12/5).

Keempat penyidik yang akan ditarik Mabes Polri adalah Afief, Bambang Tertianto, Irhamni, dan Rony Samtana. Beberapa penyidik ada yang tengah mengusut dugaan percobaan suap oleh Anggodo Widjojo.

Selain itu, kata Jasin, KPK pun masih membutuhkan keahlian keempat penyidik itu karena pekerjaan di KPK sangat padat. “Sedangkan jumlah penyidik di KPK terbatas,” jelas Jasin.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai penarikan penyidik-penyidik itu merupakan indikasi bahwa KPK tidak independen. “KPK tersandera,” kata peneliti ICW Febri Diansyah.

Untuk itu, KPK mutlak membutuhkan penyidik independen yang pengadaannya dilakukan KPK sendiri. Menurutnya, hal ini tidak menyalahi aturan yang termuat dalam UU KPK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: