Sebanyak 646.000 Honda Jazz di Dunia Resmi Ditarik

Pabrik Produsen Mobil Honda, akhirnya resmi mengumumkan menarik produksi Honda Jazz atau Fit dari seluruh dunia. Total unit yang ditarik kembali mencapai 646.000 mobil. Seperti dilansir Associated Press (AP)/VIVAnews, Sabtu (30/1) penarikan produk keluaran tahun 2001-2008 itu dipicu cacat produksi pada tombol jendela.

Cacat produksi pada tombol jendela itu, memicu arus pendek dan menimbulkan kebakaran. Dalam pernyataan tertulisnya, Honda mengkhawatirkan kondisi terburuk itu bisa terjadi pada saat cuaca ekstrim, terutama pada saat hujan deras dan salju.

Bila air yang masuk melalui jendela itu dalam jumlah besar, seperti dikarenakan mencairnya salju atau banjir, maka tombol jendela dekat posisi stir akan menyebabkan arus pendek, panas tinggi, dan terbakar. Penarikan produk jenis ini bisa berakibat pada tipe sejenis di beberapa negara terutama, Asia, Amerika Latin, Eropa, Afrika Selatan dan Amerika Utara.

Amerika Serikat sendiri sudah menyatakan, resmi menarik sekitar 140.000 unit. Begitu juga dengan Inggris yang menyatakan, akan menarik produk hatchbacks itu. Kasus di Afrika Selatan yang memicu penarikan produk ini, terjadi pada September 2009. Peristiwa ini merenggut nyawa anak berumur dua tahun, bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Vanilla sedang tidur saat mobil itu terbakar.

Penarikan ini muncul, di saat pengguna Toyota juga dikhawatirkan dengan sejumlah kasus kematian karena kesalahan produksi. Sebelumnya, Amerika Serikat menerima 19 laporan kematian, akibat pedal gas Toyota terus tertekan sementara pengendara sudah menarik kakinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: