Tumpahan Minyak di Perairan Singapura semakin Meluas

Tumpahan minyak di perairan Singapura sejak Selasa (28/5) lalu telah meluas ke dua wilayah lain di Singapura, termasuk lahan basah Chek Jawa di Pulau Ubin, Jumat (28/5). Lahan basah Chek Jawa merupakan tempat tinggal berbagai ekosistem unik, sekaligus tempat perlindungan beberapa tanaman dan hewan yang di masa lalu bukanlah spesies langka di Singapura.

Otoritas Pelabuhan dan Maritim (MPA) Singapura, seperti dikutip dari laman Straits Times mengatakan, sedang bekerja sama dengan Malaysia dan Indonesia untuk mengatasi tumpahan minyak akibat tubrukan kapal tanker minyak MT Bunga Kelana3 dengan angkutan muatan curah MVWaily pada Selasa pagi pada jarak 13 kilometer dari Changi East.

Kapal tanker MT Bunga Kelana3 saat itu, sedang membawa 62 ribu ton minyak mentah. Wilayah yang terkena tumpahan saat ini berada di utara. Hal ini menunjukkan, bahwa arus laut dan angin mendorong minyak menuju perairan barat laut Singapura.

Lokasi pada jarak 700 meter memanjang dari Changi Beach juga terkena tumpahan minyak. Akibatnya sekarang wilayah tersebut tertutup untuk perenang. Menurut media Malaysia, tumpahan minyak juga telah mencapai Teluk Ramunia di tenggara Johor, Malaysia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: