Penyembunyi Teroris Ibrohim Di Hukum 8 Tahun Penjara

Terdakwa Aris Susanto divonis delapan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, karena terbukti menyembunyikan teroris Ibrohim yang tewas ditembak Densus 88 di Desa Beji, Kecamatan Kedu, Temanggung, 8 Agustus 2009.

“Menghukum terdakwa dengan pidana penjara delapan tahun penjara,” kata Haswandi, selaku ketua majelis hakum, ketika membacakan amar putusan perkara tersebut di PN Jakarta Selatan, Senin.

Vonis tersebut lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) dengan sepuluh tahun penjara.

Majelis hakim menyebutkan yang memberatkan dari perbuatan terdakwa, yakni menyulitkan aparat keamanan untuk menemukan pelaku terorisme. “Perbuatan terdakwa menimbulkan citra buruk bagi Republik Indonesia di mata dunia internasional,” katanya.

Perbuatan terdakwa dikenai Pasal 13 Huruf b Peraturan Pemerintah (PP) Pengganti Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Menanggapi putusan itu, terdakwa Aris Susanto menyatakan pikir-pikir untuk melakukan upaya banding ke pengadilan tinggi. “Saya masih pikir-pikir dahulu,” katanya.

Sebelumnya, JPU menyebutkan Aris mencarikan tempat persembunyian untuk Ibrohim, pelaku yang memasukkan bom di Hotel J.W. Marriot dan Ritz Carlton pada 17 Juli 2009.

Kemudian pada Agustus 2009, Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri, menggerebek kediaman pamannya itu, dan terjadi tembak menembak hingga Ibrohim alias Romi alias Boim tewas.

Jaksa penuntut umum menyatakan tindakan terdakwa sudah memenuhi unsur dengan menyembunyikan tindak pidana terorisme, telah terbukti dan terpenuhi.

“Terdakwa dengan sengaja memberikan bantuan atau kemudahan terhadap pelaku tindak pidana terorisme, dengan menyembunyikan pelaku tindak pidana terorisme,” katanya.

Jaksa penuntut umum menyebutkan perbuatan terdakwa mempersulit pihak kepolisian dalam menemukan tindak pidana terorisme, yaitu peledakan bom di Hotel J.W. Marriot dan Ritz Carlton yang mengakibatkan beberapa orang luka-luka dan meninggal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: